Rabu, 18 April 2018

Resensi Novel: To All The Boys I've Loved Before by Jenny Han


Judul: To All The Boys I've Loved Before
Pengarang: Jenny Han
Halaman: 382
Penerbit: Spring
Genre: Teenlit

Sebenarnya novel genre Teenlit bagi saya tuh enggak banget deh... bukan selera karena masanya udah lewat (udah tua sekarang... haha walau sulit mengakui 😆)... Tetapi untuk buku ini saya cukup menyukai... bahkan memberikan nostalgia bagi saya untuk masa-masa ABG yang merindukan kehidupan percintaan seperti di novel-novel remaja.. Novel ini memberikan gemericik tersendiri di hati saya (haha... apa siiih nih)...

Bercerita tentang Lara Jean perempuan ABG (kelas 2 SMA) yang blesteran korea Amerika... Lara Jean adalah jenis perempuan baik-baik bahkan cupu karena gak punya pacar... Dia merupakan anak kedua dari 3 bersaudara yang semuanya perempuan... Kakaknya 2 tahun lebih tua bernama Margot dan adiknya yang masih umur 9 tahun bernama Kitty... Ibunya sudah meninggal dunia saat umur Lara Jean 12 tahun... 

Tiba-tiba terjadi insiden yang sangat fatal... surat-surat cinta yang di tulis Lara Jean untuk cowo-cowo yang pernah disukai terkirim begitu saja... padahal tujuan Lara Jean menulis surat tersebut adalah untuk menghapuskan rasa sukanya sama cowo-cowo itu dan surat itu tentu seharusnya hanya untuk disimpan sendiri...

Namun insiden itu gak selalu buruk dan memberikan pencerahan terhadap kisah asmara Lara Jean... asmara tersebut melibatkan cowo-cowo yang disukainya dulu termasuk mantan pacar kakaknya yang bernama Josh. 

Pasti kalau saya baca ini pas masih ABG bakal suka banget... haha... karena kehidupan di novel ini adalah kehidupan yang diinginkan anak-anak ABG... cewe cupu trus pura-pura pacaran dengan cowo paling keren di sekolah... tapi dari pura-pura trus jadi suka beneran... iya kaaan???

Dari segi cerita, meskipun bagi saya cukup simple karena tentang percintaan ABG... terdapat hal yang menarik hati.... yaitu hubungan keluarga yang digambarkan...

Bagaimana Margot, anak tertua harus menggantikan sosok ibu bagi adik-adiknya... Bagaimana Lara Jean yang galau ditinggal kakaknya sekolah ke luar negeri dan harus menggantikan peran kakaknya dalam rumah tangga.... bagaimana imutnya Kitty... dan bagaimana Bapaknya Lara Jean menghendel kehidupan keluarganya tanpa seorang istri...

overall saya suka dengan novel ini... dan saya kasih bintang 4 dari 5 dari novel ini... 

Point plus dari novel ini adalah tulisannya lumayan besar dan dibuat per bab nya gak terlalu panjang... so bisa dinikmati membaca dengan santai... 

Oh iya ini seri pertama dari 3 buku Lara Jean... dan saya belum menentukan sih mau baca yang lain apa enggak... Let's see...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar